UNNES Mantu Ketujuh

UNNES Mantu#7: Agenda besar dalam kegiatan  yang diselenggarakan pada 14 Juli 2018 adalah workshop yang menghadirkan nara sumber profesional dan peragaan pengantin gaya Surakarta Hadiningrat. 

Sajian workshop yang ditujukan untuk panatacara maupun calon panatacara akan mengusung beberapa isu yang sering muncul pada pengantin dengan garapan adat Surakarta. Yossi Rachma, Sekretaris Umum DPD HARPI Melati Jateng akan berbagi pengalaman mengenai teori dan praktik rias pengantin dan busana Jawa adat Surakarta. Pembicara kedua adalah Dr. Widodo Brotosejati, S.Sn., M.Sn., Doktor bidang Karawitan Jawa-Surakarta. Pembicara bidang gending karawitan gaya Surakarta ini akan menyampaikan berbagai hal yang perlu diperhatikan dalam menciptakan suasana pernikahan menggunakan gending-gending karawitan yang pas dan sesuai. Selanjutnya, dosen Program Studi Sastra UNNES, Widodo Wikandana pun akan berbagi pengalaman mengenai gaya bahasa dan managerial panatacara pada masa kini. Pembicara yang akrab disapa Pak Wikan yang juga praktisi panatacara profesional yang telah berpengalaman dalam seluruh bidang upacara pengantin, termasuk gaya Surakarta.

Materi dalam bentuk handout diharapkan mampu menjadi media komunikasi yang efektif, selain sajian media lainnya. Media yang dimaksud memang tidak hanya berhenti pada kegiatan semacam seminar dan diskusi. Pada hari sabtu itu, peserta juga akan dapat menyaksikan simulasi peragaan siraman pada pukul 15.00 wib, midodareni yang dilanjutkan nebus kembar mayang pada pukul 19.00 wib, dan panggih pengantin pada pukul 20.30 wib. Seluruh kegiatan bergaya Surakarta Hadiningrat ini diperagakan oleh mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa angkatan 2016. Mereka semester 4 pada matakuliah Pranatacara.

Kegiatan UNNES Mantu #7 yang mengusung tema ‘Workshop dan Peragaan Upacara Pengantin Gagrag Surakarta: Tata Rias, Panatacara, Gendhing, dan Simulasi Adat Pengantin Jangkep’ dapat diikuti oleh seluruh masyarakat dilingkungan Universitas Negeri Semarang maupun masyarakat kategori umum dan pelajar. Keterangan dan pendaftaran kegiatan ini dapat diunduh secara lengkap dalam panduan berikut.

1.  Panduan peserta UNNES Mantu #7 download di sini.

2. Pendaftaran Online lakukan di sini.

Posted in Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *